GALI POTENSI EKSPOR, BEA CUKAI BITUNG LAKUKAN KUNJUNGAN KE PT. COCONUT STATE INDONESIA (CSI)

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Julianto Firdaus kunjungi PT. Coconut State Indonesia (CSI) yang berada di daerah Karondoran Bitung. PT. Coconut State Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi hasil kelapa mulai dari buah, air kelapa, hingga arang batok kelapa.

Tujuan dari dilakukannya kunjungan ini adalah untuk menggali potensi ekspor yang berada di wilayah Sulawesi Utara khususnya Bitung dalam rangka mengoptimalkan Pelabuhan Bitung yang sudah ditetapkan sebagai Hub Port International agar ekspor langsung dapat terwujud mengingat kendala utama belum maksimalnya Pelabuhan tersebut salah satunya adalah kurangnya ketersediaan muatan.

” Kami sudah memiliki rencana untuk ekspor briket (bahan bakar) tempurung kelapa tetapi saat ini prosesnya masih terhambat oleh wabah Covid-19 dan perizinan yang belum rampung. Tetapi jika kondisi sudah kondusif dan perizinannya sudah terpenuhi seluruhnya Perusahaan kami akan mulai melakukan ekspor mengingat seluruh bagian dari kelapa dapat kami olah menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual, dan tentu ini juga dapat menambah pendapatan daerah serta menambah lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar” ujar Sonny Nelwan Humas PT.CSI.

Tidak hanya melaksanakan diskusi, Julianto Firdaus juga berkesempatan untuk melihat langsung kondisi pabrik dan ketersediaan mesin-mesin produksi hasil kelapa PT.CSI.

“Bea Cukai memiliki fungsi diantaranya memberikan dukungan kepada industri dalam negeri dan memberikan fasilitas perdagangan melalui berbagai upaya strategis, oleh karena itu kami sangat siap untuk membantu dan memberikan asistensi kepada PT. CSI jika nantinya melaksanakan ekspor. Kami juga berharap dengan potensi yang dimiliki oleh PT. CSI kedepannya dapat menjadi salah satu perusahaan yang melakukan ekspor langsung dari Pelabuhan Bitung” tutup Julianto mengakhiri kunjungan tersebut.

“Hal senada juga dikatakan Indra Kusumah selaku corp affairs dan commercial director CSI”
Bahwa hal pertama yg dilakukan dengan adanya PT.CSI di Bitung adalah untuk mengangkat potensi lokal hasil perkembunan dan juga potensi penyerapan sumber daya manusia melalui tenaga-tenaga kerja di Bitung dan sekitarnya.
Dari 2 aspek ini kita sama-sama berkeyakinan kedepannya optimalisasi hasil pengolahan dari bahan baku utama perkebunan dapat meningkatkan value melalui kegiatan eksport ke berbagai tujuan negara lain.

Sumber : http://www.beacukaibitung.com/pages/informasi_detail/?info=berita_bea_cukai&id=78

Leave a Comment

Your email address will not be published.